Dismenore

on Senin, 15 Desember 2008

Setiap cewek pasti pernah mengalami dismenore,bahkan mungkin ada yang sampai pingsan seperti yang pernah saia alami kemarin.

apa sih dismenore itu?
dismenore itu
kram, nyeri dan ketidaknyamanan lainnya yang dihubungkan dengan menstruasi.

kenapa sih koq bisa dismenore?
itu karena kerja prostaglandin, zat seperti hormon yang menyebabkan otot-otot rahim berkontraksi, merupakan instrumen utama dismenore. Kadar prostaglandin sepertinya tidak berhubungan dengan tingkat dismenore; beberapa wanita terlihat memiliki kadar prostaglandin tinggi tanpa efek-efek sampingan, dimana yang lain dengan kadar normal menderita gejala yang berat. Faktor-faktor lain, termasuk perbedaan anatomi, kecenderungan genetik, dan stres, juga dapat memainkan peran.

dismenore dapat diobati dengan obat golongan NSAID seperti ibuprofen, naproksen,dapat juga diberi asam mefenamat..
bahkan pil kb kadang diresepkan oleh dokter untuk mengatasi dismenore ini (seperti kasus pada teman saia)


Sebagai tambahan pemakaian obat penawar sakit tanpa resep, ada banyak yang dapat anda lakukan sendiri untuk membantu mengurangi kram menstruasi, dan dengan sedikit percobaan, anda pasti dapat menemukan cara yang membawa - paling sedikit - beberapa kelegaan. Suhu panas merupakan ramuan tua; dapat dilakukan dengan kompres handuk panas atau botol air panas pada perut atau punggung bawah. Mandi air hangat juga dapat membantu.

Beberapa wanita mencapai keringanan melalui olahraga, yang tidak hanya mengurangi stres tapi juga meningkatkan produksi endorfin otak, penawar sakit alami tubuh.

Beberapa posisi yoga dipercaya dapat menghilangkan kram menstruasi. Salah satunya adalah peregangan kucing, yang meliputi berada pada posisi merangkak kemudian secara perlahan menaikkan punggung anda ke atas setinggi-tingginya. Yang lain adalah mengangkat panggul, anda berbaring dengan lutut tertekuk dan kemudian mengangkat panggul dan bokong anda. Hanya dengan melakukan posisi janin, menarik lutut anda kearah dada sambil memeluk bantal atau botol air panas ke perut anda, juga dapat membantu.


semua ini saia dapat dari artikel dalam situs ini

0 comment:

Posting Komentar